SMK Negeri 1 Mlarak kembali berhasil mengukir prestasi, kali ini dalam ajang Electric Vehicle Tournament (EVT) 2022, yang berlangsung di Perguruan Tinggi Vokasi (PTV), Politeknik Negeri Jember (Polije), Sabtu dan Minggu (30-31/7/2022). EVT sendiri merupakan kegiatan perdana yang diadakan dan salah satu tujuannya adalah “mencari bibit-bibit potensial yang nantinya akan memberikan fasilitas kepada siswa SMK untuk belajar terkait kendaraan listrik dan diajak bergabung di polije”. Hal tersebut diungkapkan oleh Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, M.Kom., selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polije. Beliau juga mengatakan terkait “Harapannya supaya masyarakat lebih mengenal kendaraan listrik,” katanya disela pertandingan.

Kegiatan yang digagas Fakultas Teknik Polije ini mengusung tema ‘Membangun Link and Match Antar Vokasi (SMK) dalam Kendaraan Listrik Era 5.0’ diikuti oleh delapan peserta dari Jember, Surabaya, hingga Ponorogo. Tidak dipungkiri, EVT merupakan salah satu lomba kendaraan mobil listrik tingkat SMK dalam upaya mendukung pemerintah dalam mengembangkan kendaraan listrik. Yang dinilai dalam lomba tersebut adalah kecepatan, percepatan, pakem pengereman, dan efisiensi dari baterai.

Tidak ketinggalan dalam ajang lomba tersebut, SMKN 1 Mlarak ikut berpartisipasi dengan menerjunkan Tim Motor Listrik “Petrik” yang beranggotakan Dwi Arti Muhnia Santi, Ferry Setia Budi, Ahmad Musthafa Prasetyo, dan Muh. Wahid Ridwan Z, yang semuanya merupakan siswa/siswi kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Nah, dalam ajang lomba tersebut SMKN 1┬áMlarak berhasil menjuarai dalam hal “Percepatan”, dimana Motor Listrik hasil kreasi siswa/siswi SMKN 1 Mlarak yang tergabung dalam “Tim Petrik” berhasil menempuh jarak 75 meter hanya dalam waktu 6 detik. Hal tersebut diungkapkan oleh bapak Ansor Saifudin, S.T. selaku Pembimbing Tim, sekaligus Ketua Program Keahlian Teknik Otomotif SMKN 1 Mlarak – Ponorogo.

Selain itu, dalam ajang tersebut Tim Petrik SMKN 1 Mlarak menjadi yang terbaik setelah berhasil bersaing dengan sejumlah sekolah Vokasi, seperti SMKN 2 Jember, SMKN 1 Suboh Situbondo, SMKN 7 Jember, SMKS Wijaya Saputra Surabaya, dan SMK 3 Pancasila Jember.