SMKN 1 Mlarak. Kompetensi Keahlian siswa SMK harus terus diadaptasi dan ditingkatkan. Tak hanya melalui pembelajaran reguler di sekolah, pengembangan kompetensi keahlian kejuruan siswa juga bisa didapatkan dari berbagai diklat langsung dengan praktisi dan narasumber, salah satunya melalui program yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pembinaan Pendidikan SMK (BPP-SMK).

Minggu yang lalu tepatnya mulai tanggal 14 s.d. 19 Oktober 2019, SMKN 1 Mlarak kembali mendapatkan kunjungan kunjungan Mobil Keliling dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui BPP-SMK. Dalam kunjungan kali ini BPP-SMK memberikan pelatihan singkat kepada 40 siswa jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) melalui narasumber dan instruktur yang kompeten. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini siswa mendapatkan teori dan pengalaman praktek baru dalam bidang TBSM.

Dalam pelatihan pengembangan kompetensi ini para siswa mendapatkan pelatihan dalam bidang perawatan berkala sepeda motor sistem injeksi dan manual secara menyeluruh. Pelatihan ini bertujuan sebagai wadah pelatihan dan pembelajaran praktik secara langsung bagi siswa dilingkungan SMKN 1 Mlarak dan pengembangan materi selain yang telah dilaksanakan selama ini secara reguler di dalam kelas.

Mereka (para siswa) sangat senang mendapatkan pelatihan tersebut. Terlihat, selama pelatihan berlangsung mereka begitu sangat antusias dan bersemangat sekali memperhatikan dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dan harus diselesaikan. Kalau diperhatikan, pelatihan seperti ini sangat bermanfaat untuk para siswa, karena disamping mendapat ilmu di sekolah mereka juga mendapat pengalaman dan keterampilan secara langsung sehingga diharapkan cukup untuk  bekal mereka memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri.